Thursday 11 July 2013

Tumbuhan Herbal dan Manfaatnya

Datangnya penyakit memang tidak bisa ditebak. Meskipun telah berusaha sebaik mungkin untuk mencegah datangnya penyakit, namun tak ada seorang pun yang bisa menolak kedatangannya. Jika suatu saat Anda terserang penyakit, jangan buru buru untuk meminta resep obat kepada dokter karena terlalu sering mengkonsumsi obat dan bahan kimia lainnya telah terbukti dapat merusak fungsi ginjal. Sebagai gantinya, tengoklah dapur Anda dan siapa tahu Anda dapat menemukan beberapa tanaman berikut yang dapat digunakan sebagai obat tradisional alami.

manfaat tumbuhan herbal

Jahe
Rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jahe mengandung senyawa gingerol yang berfungsi sebagai antioksidan serta senyawa lainnya yang juga berkhasiat bagi kesehatan. Jahe dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi karena sanyawanya yang dapat memicu pelepasan adrenalin yang membuat pembuluh darah lebih lebar sehingga aliran darah pun dapat berjalan dengan lebih lancar. Selain itu, jahe juga dapat digunakan sebagai obat untuk migran, rematik, masuk angin, batuk, flu, dan mencegah kerusakan gigi. Jika Anda mengalami beberapa penyakit tersebut, cukup ambil seruas jahe sebesar ibu jari, cuci bersih kemudian iris tipis tipis dan rebus dengan segelas air hingga air mendidih kemudian minum selagi hangat.

Temu Lawak
Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) juga merupakan salah satu kerabat dari jahe yang juga kaya manfaat. Tanaman asli indonesia ini banyak tumbuh di daerah sekitar Jawa, Kalimantan atau Maluku. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah dan telah banyak digunakan sebagai bahan ramuan tradisional sejak dahulu kala. Kandungan pada temulawak seperti flavonida terbukti dapat membantu penyembuhan radang, anti kolesterol, anti inflamasi, mencegah kanker, dan mengatasi jerawat. Khasiat lain dari temulawak adalah untuk mengatasi gangguan saluran pencernaan, mengatasi tekanan darah tinggi, kelainan hati, dan TBC. Beberapa penelitian lainnya juga membuktikan bahwa temulawak dapat digunakan sebagai obat tradisional alami untuk mencegah stroke, menghambat osteoporosis, menguatkan gigi, mengatasi plak, dan juga merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh untuk menangkal pembentukan radikal bebas.


EmoticonEmoticon