Sunday 6 April 2014

Waspadai Gejala Kista Ovarium

Gejala Stadium Awal

Kista ovarium adalah sejenis tumor jinak yang akhir-akhir ini makin kerap ditemui pada kaum hawa. Penyakit ini pun menjadi salah satu penyakit penyebab kematian paling besar dari semua kanker ginekologi. Tumor jinak ini berwujud seperti kistik yang berisi cairan kental, nanah, atau udara. Tumor ini juga bisa berbentuk tumor padat, tetapi masih sebagian kecil saja. Gejala umum kista ovarium cukup bervariasi dan tidak spesifik. Gangguan haid dapat menjadi gejala penyakit kista ovarium stadium awal.

gejala kista ovarium


Konstipasi atau sering berkemih dapat terjadi apabila tumor sudah menekan kandung kemih. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah peregangan atau penekanan di area panggul. Peregangan tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri yang spontan misal pada saat bersenggama. Gejala penyakit kista ovarium ini pun bisa berlanjut ke stadium lanjut yang lebih parah tentunya jika tidak segera dilakukan pengobatan.

Gejala Stadium Lanjut

Adapun gejala penyakit kista ovarium stadium lanjut berkaitan dengan penimbunan cairan di dalam rongga perut atau asites, usus, hati. Gejala ini tampak seperti perut kembung dan membuncit. Gejala yang menyertai adalah rasa mual, nafsu makan yang terganggu, susah buang air besar, dan air kecil. Penimbunan cairan bisa juga terjadi pada rongga dada. Penimbunan cairan di rongga dada ini menyebabkan penderita akan merasa sangat sesak nafas.

Upaya Pencegahan

Upaya pencegahan yang bisa diupayakan sebenarnya bukan pencegahan khusus untuk menghindari penyakit kista ovarium. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan yakni untuk mengetahui secara dini penyakit ini dengan harapan dapat dilakukan pengobatan secepat mungkin. Upaya yang dapat dilakukan yakni melakukan pemeriksanaan secara berkala. Pemeriksaan tersebut bisa berupa pemeriksaan klikis genekologik yang berfungsi untuk mendeteksi kista atau adanya pembesaran ovarium. Pemeriksaan USG dengan alat Doppler, petanda tumor, dan pemeriksaan MRI juga perlu dilakukan.



Adapun wanita yang memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker ovarium hendaknya melakukan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan ini baik pula dilakukan oleh wanita yang menderita kanker payudara, wanita yang susah hamil, atau wanita yang mendapati masa haid pertama lebih awal dan menopause.Waspadai Gejala Kista Ovarium oleh merline  broto.


EmoticonEmoticon