Nutrisi yang Tepat untuk Ibu Hamil

Makan dan Makanan
Manusia membutuhkan makanan dalam kegiatan makan untuk menerima energi. Energi ini digunakan untuk aktivitas sehari-hari untuk melakukan berbagai kegiatan mulai dari belajar hingga bekerja. Selain untuk memperoleh energi dari makanan, kegiatan makan juga sangat penting untuk beberapa aspek. Manusia membutuhkan makanan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Perkembangan manusia dalam hal kedewasaan juga cara berpikir juga ditentukan melalui asupan makanan. Selain itu, proses perbaikan sel-sel yang rusak dan penyembuhan juga membutuhkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan melalui zat makanan.

 Selain untuk manusia kebanyakan, pola makan tertentu biasanya diterapkan, misalnya untuk menurunkan diet atau untuk wanita yang sedang hamil. Kelengkapan nutrisi yang didapat tubuh harus terjamin kualitas dan kuantitasnya pada wanita hamil karena nutrisi juga dibutuhkan oleh bayi yang sedang dikandung.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Pemilihan makanan perlu dilakukan pada ibu hamil, karena hal ini juga menyangkut perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam rahim. Berikut adalah bahan makanan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan ibu dan bayi pada masa kehamilan.

Telur dapat kita temukan sehari-hari. Namun jangan salah, kandungan dalam telur itu lengkap dan luar biasa. Bahan makanan yang mengandung 90 kalori ini mengandung kolin yang berguna untuk membantu pertumbuhan bayi dan membantu pertumbuhan otak bayi. Selain itu telur juga dapat mencegah kecacatan terjadi pada bayi.

Ikan Salmon mungkin memiliki bau amis, namun kandungan protein di dalamnya sangat baik untuk ibu hamil untuk dikonsumsi. Banyak kekhawatiran mengenai konsumsi ikan untuk ibu hamil karena kadar merkuri yang terkandung, namun kadar merkuri dalam ikan salmon terbilang rendah. Salmon juga memiliki lemak Omega-3 yang berfungsi untuk pertumbuhan otak dan penglihatan bagi bayi.

Kacang Buncis adalah bahan makanan yang harus ibu hamil konsumsi selanjutnya. Ibu hamil memiliki kecenderungan gangguan pada pencernaan karena prosesnya yang menjadi lambat, maka dari itu serat dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut. Buncis memiliki kandungan serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan. Selain serat, kandungan protein buncis juga tak kalah lengkap.

Ubi Jalar sebagai bahan makanan dari umbi-umbian juga tidak boleh dilewatkan ibu hamil untuk dikonsumsi. Kandungan karotenoid dalam ubi jalar dapat dikonversi oleh tubuh kita menjadi vitamin A. Zat Karotenoid ini sangat unik dalam konversinya menjadi vitamin A, karena Karotenoid hanya dikonversi menjadi vitamin hanya bila dibutuhkan.

Gandum lebih dikenal masyarakat luas sebagai bahan sereal atau bahan makanan. Kandungan gizi di setiap biji gandum pun sangat lengkap mulai dari vitamin E, Selenium sampai vitonutrien yang bermanfaat bagi anda dan bayi yang dikandung anda.