Selasa, 27 Juni 2017

PENYEBAB, GEJALA, STADIUM DAN TIPS PENCEGAHAN KANKER PANKREAS

Kanker pankreas adalah penyakit yang menyerang bagian pankreas yang mana penyakit ini disebabkan oleh tumbuhnya tumor.
Penyakit kanker ini bisa menyerang pria maupun wanita dan kebanyakan menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Pankreas adalah suatu kelenjar yang masih menjadi bagian dari sistem pencernaan. Pankreas ini berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan sehingga makanan dapat diuraikan dan kemudian diserap oleh tubuh. Tidak hanya memproduksi enzim, pankreas juga memproduksi insulin sehingga kestabilan gula darah dalam tubuh dapat terjaga dengan baik.

Gejala kanker pankreas

Penyebab Kanker Pankreas

Terdapat beberapa faktor yang dimungkinkan menjadi resiko dari terjadinya kanker pankreas ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Diabetes

Resiko kanker pankreas meningkat jika seseorang menderita diabetes. Begitu juga sebaliknya, jika seseorang terkena tumor pankreas, maka resiko terjadinya diabetes juga tinggi.

2. Adanya bakteri helicobacter pylori

Jenis bakteri tersebut adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung. Jika lambung sudah terinfeksi, maka resiko kanker pankreas juga meningkat.

3. Merokok

Kebiasaan merokok memang tidak baik termasuk pada kelenjar pankreas. Racun dan zat kimia berbahaya yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan kerusakan/ infeksi jaringan dan juga organ lain di dalam tubuh.

4. Usia

Usia juga memungkinkan seseorang menderita kanker pankreas. Kebanyakan penderita pankreas adalah mereka yang sudah berusia di atas 75 tahun ke atas.

5. Pernah menderita pankreatitis.

Pankreatitis atau peradangan pankreas yang pernah diderita seseorang juga memungkinkan terjadinya kanker pankreas.

6. Genetik

Genetik juga menjadi salah satu penyebab dari terjadinya penyakit pankreas ini. Jika anda memiliki keluarga dekat yang menderita penyakit tersebut, maka dimungkinkan juga bisa menurun.

7. Mengonsumsi minuman keras

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, orang- orang yang mengonsumsi minuman keras juga memiliki resiko terjadinya pankreas ini.

Gejala Kanker Pankreas

Seseorang yang menderita kanker pankreas pada tahap awal biasanya tidak merasakan gejala apapun. Hal inilah yang menyebabkan kesulitan dalam diagnosanya, sementara kanker pankreas pada tahapan lanjut sudah bisa didiagnosa namun tetap tergantung dimana letak kanker tersebut. Pankreas memiliki dua jenis jaringan yaitu kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin. Kelenjar eksokrin adalah kelenjar pada bagian pankreas yang memproduksi enzim pencernaan, sementara kelenjar endokrin adalah yang memproduksi hormon. Bagian yang sering terjangkit kanker pankreas adalah kelenjar eksokrin. Gejala yang tampak yaitu penyakit kuning, nyeri bagian punggung dan perut.

Gejala kanker pankreas lainnya yaitu sebagai berikut.
1. Demam dan menggigil
2. Gatal di kulit
3. Terjadi gangguan pencernaan
4. Hilangnya selera makan sehingga penderita mengalami penurunan berat badan secara drastis.
5. Mual dan muntah
6. Pola buang air besar berubah
7. Adanya penyakit diabetes

Tahapan Kanker Pankreas


Terdapat 4 jenis tahapan kanker pankreas yaitu stadium 1, stadium 2, stadium 3 dan stadium 4. Kanker pankreas digolongkan stadium 1 jika kanker masih belum menyebar ke bagian yang lain, hanya terdapat di bagian pankreas saja. Untuk stadium 2 kanker sudah menyebar pada bagian sekitar pankreas dan kemungkinan sudah terjadi pada kelenjar getah bening. Kanker pankreas stadium 3 yaitu penyebarannya lebih luas yang meliputi pembuluh darah dan bisa juga sudah menjangkit nodus limfa. Untuk kanker pankreas stadium 4 tentunya sudah sangat parah karena penyebarannya lebih luas. Organ- organ yang terkena penyebarannya yaitu paru- paru, hati, membran pada rongga perut, dll.

Tips Pencegahan Kanker Pankreas

Berikut adalah tips untuk anda agar terhindar dari penyakit kanker pankreas. Jadi, anda dapat melakukan beberapa tips berikut sekarang juga.

1. Olahraga
Melakukan aktifitas fisik seperti olahraga dengan rutin memang dapat menjadikan badan lebih fit dan bugar. Tidak hanya itu, resiko terjadinya kanker pankreas juga menjadi berkurang jika anda berolahraga rutin.

2. Berhenti merokok
Seperti yang terlah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab dari kanker pankreas yaitu kebiasaan merokok. Dengan demikian, jika ingin terhindar dari penyakit pankreas ini maka berhentilah merokok. Tidak hanya untuk kesehatan pankreas saja, berhenti merokok juga dapat menyehatkan organ tubuh lainnya seperti paru- paru dan jantung.

3. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan berarti anda juga berusaha mengurangi resiko terjadinya penyakit di dalam tubuh seperti kanker pankreas ini. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih/ obesitas memang lebih beresiko terjangkit penyakit. Namun memiliki berat badan yang terlalu kurus juga tidak baik. Untuk itu, tetap menjaga berat badan ideal adalah satu solusinya. Caranya yaitu dengan rutin olahraga dan menjaga pola makan.

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui tentang kanker pankreas ini. Hal yang paling penting adalah bagaimana anda dapat melakukan pencegahan yaitu dengan melakukan tips yang sudah disebutkan di atas agar terhindar dari kanker pankreas.