Monday 10 September 2018

Hal Wajib Yang Perlu Dilakukan Untuk Persiapan Melahirkan

Persiapan melahirkan tentunya sangat penting untuk dilakukan oleh para calon ibu. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk persiapan melahirkan.

Yang Perlu Dilakukan Untuk Persiapan Melahirkan

Memilih dokter yang akan menangani kelahiran sang buah hati

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui siapa dokter yang akan menangani persalinan anda nantinya. Dokter yang anda pilih tersebut tentunya berpengaruh kepada lokasi anda melahirkan. Jika anda sudah mengetahui lokasinya, maka anda harus memikirkan dengan matang bagaimana transportasi menuju ke sana. Alangkah baiknya jika anda bisa mencatat nomor telpon klinik atau rumah sakit yang akan anda tuju.

Ketahuilah juga apa-apa saja fasilitas yang ditawarkan ketika anda melahirkan. Anda juga harus bisa membuat rencana cadangan. Ketika anda tetap ingin memilih melahirkan pada dokter tersebut, maka anda juga harus mengetahui tempat lainnya. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan jarak antara kediaman anda dengan rumah sakitnya. Jika ingin ke rumah sakit terdekat, maka ketahuilah siapa dokter yang akan menangani persalinan anda.

Siapkan berbagai barang yang penting

Ketika melakukan persiapan melahirkan, maka anda bisa memulai untuk membuat catatan serta mencicil barang apa saja yang penting untuk dibawa. Persiapkan dengan baik barang-barang apa saja yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Mulai dari orang yang akan menemani anda saat bersalin, serta untuk sang buah hati setelah lahir.

Mengetahui hal apa yang harus dilakukan saat nyeri persalinan muncul

Perbanyaklah selalu untuk melakukan konsultasi dengan dokter mengenai hal apa saja yang sebaiknya dilakukan saat kontraksi tiba. Anda juga harus mengetahui seperti apakah tanda-tanda awal terjadinya kontraksi. kapan harus menghubungi rumah sakit, kapan sebaiknya pergi ke rumah sakit, atau seperti apa rasa sakitnya.

Sharinglah kepada ibu hamil yang telah berpengalaman

Salah satu hal yang juga penting untuk anda lakukan adalah belajar dari pengalaman keluarga atau teman-teman yang telah merasakan seperti apa melahirkan tersebut. Walaupun tidak semua yang dilakukan oleh teman anda dapat diterapkan, namun tidak ada salahnya untuk anda mencari informasi-informasi sebelumnya. Selain memperoleh informasi mengenai pengalaman melahirkan serta pasca melahirkan, maka dengan melakukan sharing pastinya akan membuat anda siap dalam menghadapi hari kelahiran.

Pastikan bahwa suami anda selalu siaga

Bukan hanya anda saja yang harus mengetahui mengenai persiapan melahirkan, tetapi suami anda juga harus mengetahuinya juga. Mulai dari prediksi kelahirannya, rencana persalinan, dan apa saja yang harus dilakukan ketika kontraksi kelahiran mulai terjadi. Misalnya saja, ketika anda mulai merasakan nyeri, maka suami harus mengusap pada bagian punggung yang bisa dilakukan dengan botol air hangat yang sudah dilapisi handuk untuk mengompresnya. Sharinglah juga apa-apa saja yang andabutuhkan nantinya ketika melahirkan sampai beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Sehingga, suami anda akan lebih memahami hal apa saja yang perlu dilakukan dan tentunya anda bisa menikmati seluruh proses melahirkan dengan tenang.

Namun, anda juga sebaiknya menunjuk orang lain yang digunakan sebagai “partner cadangan” jauh-jauh hari. Partner cadangan tersebut adalah orang tua, mertua, hingga sahabat anda. Dengan begitu, ketika terjadinya keadaan darurat tertentu, dan suami anda terpaksa tidak bisa menemani anda untuk bersalin, maka anda tidak perlu khawatir karena sudah ada orang lain yang telah mengetahui persis riwayat kehamilan anda.

Beberapa pembahasan di atas bisa anda ikuti sebagai langkah awal dalam melakukan persiapan melahirkan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon