Rabu, 14 Oktober 2015

Penyakit Gagal Ginjal Kenali Gejalanya Sedini Mungkin

Sebagian besar orang saat ini tidak menyadari mengidap penyakit gangguan ginjal yang sudah kronis hal ini disebabkan kadangkala tanda-tanda awal penyakit ini sangat sulit diketahui. Orang baru akan menyadari setelah hal ini terjadi lama bertahun-tahun dan baru akan menyadari telah terjadi penurunan fungsi ginjal dengan dratis sehingga menyebabkan gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah dan memerlukakn biaya yang sangat besar dalam pengobatanya.

Persoalan penyakit ginjal harus sering di sosialisasikan kepada masyarakat dengan pengetahuan yang cukup megenai penyakit yang satu ini. Mengetahui gejala penyakit ginjal sedini mungkin dapat membantu mendapatkan tindakan atau perawatan yang dibutuhkan sesegera mungkin. Apabila anda, keluarga atau seseorang yang anda kenal memiliki salah satu atau lebih dari gejala-gejala berikut ini, disarankan untuk segera melakukan pemeriksakan ke dokter untuk segera dilakukan tes darah dan tes urin. Banyak gejala dapat disebabkan oleh masalah kesehatan gijal berikut beberapa gejala yang sering ditimbulkan oleh penyakit yang berbahaya ini.


Gejala pertama adalah adanya perubahan pada urin ini terlihat pada saat anda berkemih, urine berbusa atau bergelembung, sering kencing dari biasanya dan berwarna keruh atau gelap terkadang terdapat darah dalam urin. Sering juga penderita gagal ginjal diawali dengan kesulitan buang air kecil dan terasa tidak tuntas atau terasa masih ada sisa. Simak juga artikel yang mungkin berguna untuk anda pengobatan gagal ginjal cuci darah tanpa efek samping.

Gejala berikutnya yaitu karena ginjal tidak bisa mengeluarkan cairan tambahan yang terbentuk dalam tubuh hal ini menyebabkan terjadi pembengkakan di seputar kaki, pergelangan kaki, kaki bawah, bagian wajah, dan atau salah satu kedua tangan. Setiap hari merasa sering merasa kelelahan adalah gejala yang patut di curigai juga ada masalah dengan ginjal kita. Pada ginjal yang sehat memproduksi hormon yang disebut eritropoietin atau EPO, hormone ini yang memberitahu tubuh untuk membuat sel-sel darah merah sebagai pembawa oksigen. Apabila gagal ginjal akan mengakibatkan kekurangan hormone EPO. Bila sel darah merah lebih sedikit untuk membawa oksigen.

Gejala berikutnya yang sering kita abaikan yaitu gatal-gatal dan kulit pecah, hal ini karena salah satu fungsi ginjal yaitu membuang limbah dari aliran darah. Ketika ginjal gagal terganggu fungsinya maka limbah dalam darah anda dapat menyebabkan rasa gatal parah. Bisanya juga pada penderita gagal ginjal terjadi sesak nafas dan nafas berbau menyengat seperti bau amonia. Mual dan muntah dan nafsu makan hilang juga terjadi pada sakit gagal ginjal.

Dan gejala yang terakhir pada penyakit gagal ginjal adalah selalu merasa kedinginan bahkan di ruangan yang hangat sekalipun. Sering pusing dan sulit berkosentrasi karena gagal ginjal otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan masalah memori, kesulitan dengan konsentrasi, dan pusing. Deemikain artikel singkat mengenai penyakit gagal ginjal, disarasnkan untuk selalu hidup sehat dan sedini mungkin kenali penyebab dan gejalnya agar terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.


EmoticonEmoticon