Thursday 18 July 2013

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Lupus

Kenali lebih jauh tentang apa itu penyakit lupus. Penyakit Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh secara berlebihan sehingga kesehatan tubuh si penderita akan terganggu. Dalam bahasa latin lupus berarti anjing hutan. Seseorang yang menderita Penyakit lupus biasanya memiliki ciri-ciri khusus yaitu jika menyerang dada akan menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan si penderita menjadi susah bernafas. Pada penderita lupus, penderita awalnya seperti memiliki penyakit kulit berupa merah-merah di sekitar pipi dan hidung. Di bagian wajah dan lengan biasanya terdapat bercak-bercak merah, kerontokan rambut, mengalami bengkak di bagian persendian, sariawan, dan kerontokan rambut. Sebenarnya penyakit lupus tidak hanya menyerang kulit saja, tetapi juga dapat menyerang ke seluruh organ di dalam tubuh manusia dan bisa berakibat fatal.

Gejala - Gejala Penyakit Lupus
Penderita penyakit lupus biasanya akan mengalami gejala - gejala tertentu. Gejala umum penyakit ini biasanya penderita akan merasa sering lemas, pegal-pegal, demam, dan rasa lelah yang berlebih. Selain itu biasanya juga akan timbul gangguan di bagian pencernaan dan kulit si penderita akan mudah gosong jika terkenan cahaya matahari. Penderita penyakit lupus juga akan mengalami anemia. Hal ini disebabkan karena sel darah merah dalam tubuh si penderita akan hancur jika mengidap lupus. Di kulit si penderita penyakit lupus biasanya juga akan muncul ruam merah di kedua pipi seperti kupu - kupu. Ruam merah hampir sama seperti cakram dan bisa muncul di seluruh tubuh.

Jenis - jenis Penyakit Lupus
Penyakit Lupus dibagi menjadi 3 jenis yaitu cutaneus, systemic lupus erythematous, dan drug induced lupus. Cutaneus biasa disebut dengan discoid yang mempengaruhi kulit. SLE atau systemic lupus eryhematous biasanya menyerang organ – organ tubuh seperti darah, persendian, kulit, jantung, paru-paru, hati, syaraf, otak, dan persendian. DIL atau drug induced lupus biasanya muncul karena konsumis obat-obat tertentu. Tetapi jika pemakaian obat dihentikan, gejala-gejala akan hilang.

Sumber http://gamatindonesia.com/article/109465/seberapa-bahaya-penyakit-lupus-bagi-manusia.html


EmoticonEmoticon