Senin, 14 Juli 2014

Waspadai Gejala Hipertensi Sejak Dini!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit berbahaya yang wajib diwaspadai. Berdasarkan data Riskesdas, pada tahun 2007 saja ada sekitar 35,7 persen masyarakat Indonesia yang mengalami hipertensi. Yang mencengangkan, 4 tahun kemudian yaitu pada 2011 hipertensi menjadi penyebab kematian ketiga khusunya di Indonesia setelah stroke dan tuberculosis. Biasanya, penyakit hipertensi menyerang usia 50 tahun ke atas.

mengetahui tanda dan gejala hipertensi

Penyakit ini seringkali tidak terdeteksi sejak awal dan baru diketahui setelah penderita mengalami penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, anda harus mengetahui sejak dini gejala hipertensi agar dapat segera diatasi. Hipertensi itu sendiri diakibatkan karena adanya cairan darah dalam tubuh yang menekan dinding arteri sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, misalnya penyakit jantung maupun stroke.

Gejala Hipertensi Yang Perlu Diwaspadai

Gejala penyakit hipertensi itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Pada hipertensi primer, penyakit tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala yang spesifik.Bahkan anda bisa mengalami hipertensi selama beberapa tahun tanpa mengalami gejala tertentu dan terlihat sehat. Sedangkan pada hipertensi sekunder disebabkan oleh adanya penyakit lain seperti ginjal. Penyakit hipertensi memang seringkali dianggap remeh karena gejalanya cenderung ringan, seperti sakit kepala atau kelelahan. Namun dibalik semua itu penyakit ini sangat berbahaya dan dapat berujung pada kematian. Lalu, bagaimana cara mengenali gejala hipertensi? Berikut ini beberapa gejala yang perlu anda waspadai:

  1. Sakit kepala
  2. Vertigo
  3. Detak jantung cepat dan berdebar-debar
  4. Sesak nafas
  5. Kelelahan
  6. Pusing saat bangun atau akan tidur
  7. Telinga berdengung
  8. Mimisan

Jika anda sering mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendiagnosa anda menderita hipertensi atau tidak. Jika memang anda divonis mengidap hipertensi maka akan dapat ditangani lebih awal agar tidak menimbulkan komplikasi. Karena gejala hipertensi seringkali tidak terlihat, maka sangat penting untuk memeriksakan tekanan darah anda secara teratur.

Mencegah Gejala Hipertensi

Meskipun terkesan menyeramkan, namun penyakit hipertensi juga dapat dicegah. Gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi risiko terkena hipertensi. Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi terjadinya gejala hipertensi:

  1. Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol
  2. Biasakan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap harinya.
  3. Perbanyak konsumsi air putih 7-8 gelas per hari.
  4. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.
  5. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak, maupun dengan garam dan gula yang tinggi.
  6. Pilihlah makanan yang direbus atau dipanggang. Jika harus digoreng gunakan minyak zaitun.
  7. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
  8. Hindari stress.
  9. Usahakan untuk beristirahat 5-10 menit di sela rutinitas.
  10. Usahakan tidur cukup di malam hari selama 7-8 jam.
  11. Konsumsi suplemen alami seperti gamat dan spirulina yang telah terbukti dapat mencegah  hipertensi
Demikian artikel singkat mengenai mengapa kita harus waspada terhadap gejala hipertensi sejak dini, mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat salam sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar