Thursday 6 December 2018

Cara Menurunkan Kolesterol Dan Asam Urat Secara Alami


Kolesterol dan asam urat memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering menjadi keluhan banyak orang, terutama orang tua ataupun lanjut usia. Setiap orang yang memiliki kadar kolesterol dan asam urat tinggi akan merasa tidak nyaman karena tubuhnya menjadi lemah. Lebih jelasnya mengenai kolesterol dan asam urat, simak ulasan berikut ini:

Ketahuilah Bahaya Kolesterol Dan Asam Urat Bagi Kesehatan


Perlu Anda ketahui, kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi memang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jika kolesterol dan asam urat tinggi maka membuat tubuh lebih mudah terkena beberapa jenis penyakit. Pada dasarnya, saat kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat maka akan membuat Anda lebih beresiko untuk terkena beberapa jenis penyakit seperti diabetes, stroke, penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

Sementara, jika kadar asam urat yang tinggi biasanya akan berdampak pada pembentukan kristal dalam ginjal. Saat pembentukan kristal di dalam ginjal terjadi maka dapat mengakibatkan fungsi hati menjadi berkurang atau tidak bisa bekerja secara maksimal.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Kolesterol Dan Asam Urat Tidak Meningkat


Pada dasarnya, untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh memang bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui tidak semua jenis makanan dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dengan cepat. Bahkan ada juga beberapa jenis makanan yang sangat berbahaya untuk Anda konsumsi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kadar kolesterol dan asam urat, yakni minuman bersoda, kalkun, daging merah, ikan marekel, ikan sarden, ikan kering, kerang, minuman beralkohol, tempe, tahu, jenis jeroan dari unggas ataupun sapi, kacang polong, bayam serta kembang kol.

Mengetahui Gejala Kolesterol Dan Asam Urat Yang Tinggi


Terdapat banyak sekali gejala yang ditimbulkan saat Anda mempunyai kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi. Umumnya penderita kolesterol tinggi dan asam urat akan merasakan kesemutan, pegal-pegal, sakit kepala, nyeri persendian, pembengkakan sendi, mudah merasa lelah serta lainnya.

Perlu Anda ketahui, gejala-gejala yang ada di atas sangat sering dirasakan oleh penderita kadar kolesterol dan asam urat tinggi. Oleh sebab itu, saat Anda merasakan salah satu gejala seperti yang sudah disebutkan diatas maka sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter agar kesehatan tubuh tidak terganggu.

Cara Menurunkan Kolesterol Dan Asam Urat Secara Alami


Apakah Anda merasa terganggu dengan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh Anda. Maka kini Anda tidak khawatir lagi karena saat ini sudah ada beberapa cara menurunkan kolesterol dan asam urat secara alami. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan penurun kadar kolesterol dan asam urat. Untuk lebih detailnya berikut ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai cara untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi dalam tubuh, yaitu:

• Makanan yang mengandung serat tinggi
Perlu diketahui, semua jenis makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi memang sangat berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan serat yang tinggi dapat membantu proses pencernaan serta penyerapan sari makanan di tubuh berjalan dengan lancar dan maksimal.

Selain itu, serat juga berguna untuk membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan atau jenis sayuran yang kaya akan serat, seperti brokoli, tomat, wortel, seledri, kubis, sawi dan sebagainya.

• Minyak biji rami
Minyak biji rami merupakan salah satu jenis minyak yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi. Hal ini dikarenakan minyak biji rami ini mengandung 55% asam lemak omega 3, kalium yang tinggi serta 45% serat. Perlu Anda ketahui, minyak biji rami ini tidak hanya baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol tinggi, namun juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung serta kelancaran aliran darah.

Selain makanan berserat tinggi dan minyak biji rami, masih terdapat banyak sekali makanan yang dianjurkan untuk Anda konsumsi seperti, alpukat, pisang, apel serta lainnya. Berbagai jenis makanan ini sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol dan asam urat tinggi. Demikianlah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai cara menurunkan kolesterol dan asam urat secara alami.


EmoticonEmoticon