Saturday 25 August 2018

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Bisa Anda Coba

Terdapat beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa Anda coba, pastinya hamil bukan penghalang untuk Anda dapat berolahraga. Tentunya olahraga sangat baik untuk kesehatan, bahkan beberapa olahraga ada yang dapat membantu mempermudah proses persalinan. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak melakukan olahraga, pastinya olahraga untuk wanita hamil berbeda dengan olahraga yang biasa dilakukan oleh orang pada umumnya. Pastinya ibu hamil tidak dapat berolahraga dengan sangat berat sehingga tidak akan membahayakan perkembangan si kecil, apalagi olahraga untuk ibu hamil sangat mudah dilakukan walaupun perut Anda sudah berukuran besar.

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil

1. Jalan Kaki
Salah satu olahraga ringan yang bisa Anda coba adalah jalan kaki, pastinya hal ini sangat mudah serta dapat Anda lakukan bersama pasangan setiap pagi. Anda tidak perlu berjalan kaki dalam waktu yang lama, cukup 30 menit selama 3 hari dalam seminggu bisa Anda lakukan. Sebab beberapa orang akan mengalami pembengkakan kaki jika berjalan terlalu lama, pastinya berjalan kaki tidak hanya memberikan efek baik terhadap fisik ibu namun juga kepada bayi. Sebab menurut beberapa dokter bahwa jalan kaki dapat membuat jantung janin menjadi lebih sehat, apalagi jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting pada tubuh manusia. Oleh sebab itu selain berolahraga juga maka Anda harus menjaga asupan makanan khusus ibu hamil agar baik untuk perkembangan bayi nantinya terutama organnya yang mulai terbentuk.

2. Menari
Menari merupakan salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan, cara ini tentunya sangat cocok untuk Anda yang sebelum hamil sangat gemar menari. Sebab dengan menari tubuh akan bergerak, apalagi cara ini sangatlah menyenangkan. Namun ada baiknya jika Anda tidak menarik secara berlebihan sebab dapat memberikan efek buruk juga terhadap bayi, serta jangan melakukan gerakan yang berbahaya. Apabila Anda tidak mengetahui gerakan mana yang aman untuk perkembangan janin maka ada baiknya jika Anda bertanya kepada pihak instruktur.

3. Pilates
Pilates termasuk juga dalam olahraga ringan yang aman dilakukan ketika hamil, apalagi jika Anda melakukannya ketika hamil maka dapat membuat Anda rileks ketika melahirkan. Pastinya momen melahirkan merupakan momen yang sangat ditunggu namun juga mendebarkan, tidak heran jika banyak ibu hamil yang takut ketika proses ini baik melahirkan secara normal maupun operasi. Selain itu pilates juga dapat membantu mengurangi sakit pada otot perut dan mengurangi sakit pada punggung yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan janin yang ukurannya bertambah besar sehingga membuat punggung ibu menjadi mudah sakit, selain itu pilates juga dapat memperlancar proses persalinan. Hal ini tentunya akan membuat persalinan menjadi lebih cepat dan tidak menemukan hambatan.


4. Yoga
Beberapa gerakan yoga ada yang mudah dilakukan walaupun Anda sedang hamil, yoga sendiri sudah terkenal sebagai olahraga yang dapat menenangkan. Jadi jika Anda sebentar lagi bersalin maka untuk mengurangi ketegangan maka dapat melakukan olahraga ini untuk membuat lebih tenang, yoga juga dapat meningkatkan mood sehingga ibu tidak akan mudah stress terutama disaat akan mendekati waktu persalinan. Tidak ketinggalan juga yoa juga dapat memperlancar proses persalinan, hal ini tentunya sangat dibutuhkan oleh semua ibu terutama mereka yang akan melakukan persalinan normal. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil ini karena mudah dilakukan.


EmoticonEmoticon