Thursday 1 November 2018

Ingin Kembali Langsing Pasca Melahirkan? Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Anda barangkali sudah tahu kalau banyak wanita yang ingin bentuk tubuhnya kembali seperti semula setelah melahirkan. Dan Anda juga mungkin adalah salah satu dari mereka. Nah, kembali langsing pasca melahirkan sama sekali bukan hal yang mustahil, kok!

Langsing Pasca Melahirkan


Lantas, bagaimana caranya bisa langsing lagi setelah melahirkan? Anda bisa baca ulasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Selain untuk Tanda Cinta, Menyusui Juga Bisa Bantu Langsingkan Tubuh Kembali!

Tahukah Anda kalau kelebihan kalori yang jumlahnya kira-kira 500 kalori setiap hari bisa dibakar dengan cara menyusui? Jadi, tambahan berat badan yang terjadi selama masa kehamilan bisa berkurang lebih cepat dengan menyusui. Apalagi menyusui juga dapat memicu kontraksi, yang juga bantu kecilkan rahim, sehingga efeknya nyaris serupa dengan melatih seluruh tubuh.

Pastinya, Jangan Lupa Berolahraga, Ya!

Tentunya, cara yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi ada berbagai jenis aktivitas fisik yang bisa Anda pilih, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kesibukan serta preferensi Anda sendiri; baik itu berjalan kaki mengelilingi perumahan, mengikuti kelas yoga pasca melahirkan, senam aerobik, senam Kegel, maupun olahraga yang berfokus pada area pinggul, Anda bisa pilih jenis yang Anda minati!

Silahkan baca juga : Wajib dilakukan untuk persiapan melahirkan

Hanya saja, paling baik Anda tunggu dulu selama 6 minggu pasca melahirkan apabila Anda ingin mulai berolahraga. Selain itu, jangan lupa berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu untuk membantu Anda memilih jenis olahraga yang sesuai dan waktu yang tepat.

Jaga Asupan Makan Juga Jangan Lupa

Biasanya, berat badan seorang ibu akan kembali ke kisaran berat badan yang sehat dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang seimbang serta mengandung serat yang tinggi, Misalnya sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, lemak tak jenuh rantai tunggal, dan sebagainya. Sebab, makanan yang tinggi serat dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama tanpa harus menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, makanlah dengan porsi yang ukurannya lebih kecil, namun disantap dalam waktu yang lebih sering. Dan tentunya hindari makanan tidak sehat seperti junk food alias makanan cepat saji.

Untuk kembali langsing pasca melahirkan dengan cara yang tepat, jangan sampai Anda terjebak godaan diet ekstrim hanya demi menargetkan berat badan yang turun lebih cepat. Sebab, diet ekstrim justru akan membuat tubuh Anda kelaparan, lelah, dan stres sehingga turut mempengaruhi kualitas ASI yang diproduksi. Dan dengan diet ekstrim, tubuh Anda pun tidak dapat memperoleh asupan gizi yang sesuai dalam jumlah cukup, sehingga buah hati pun juga tidak bisa mendapatkan nutrisi dari ASI yang dibutuhkan.

Baca juga : Kiat menjaga berat badan tetap ideal

Gendong Anak Juga Bantu Turunkan Berat Badan

Siapa bilang menggendong si kecil hanya berguna saat buah hati Anda mengantuk dan ingin tidur? Sebab dengan menggendong anak, maka tubuh Anda pun bisa tetap aktif secara fisik. Dan metabolisme tubuh Anda pun kembali meningkat. Efek ini serupa dengan efek yang diberikan dari berolahraga. Menurut ahli kebugaran prenatal, hal ini karena menggendong anak artinya Anda membawa beban yang beratnya berkisar antara 3,6 sampai 5,4 kg.

Jangan Lupa Minum Air dalam Jumlah Cukup Setiap Harinya

Dengan minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari, maka tubuh pun bisa membuang racun dan merasa lebih kenyang. Dengan demikian, Anda pun bisa mengurangi porsi makan juga. Idealnya, minumlah 8 gelas air setiap hari.

Konsumsi Probiotik Juga Bantu Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan, Lho

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, tubuh pun jadi lebih sehat dan berat badan bisa terkendali karena proses pencernaan yang lebih baik serta daya tahan tubuh yang meningkat. Dan bagi para ibu, penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi probiotik pun mampu mengendalikan lemak perut pasca persalinan.

Konsultasi dengan Dokter Lebih Dulu Itu Wajib!

Tubuh idealnya mengalami perubahan bentuk pasca persalinan, termasuk jadi lebih gemuk. Dan bagi Anda yang ingin kembali langsing pasca melahirkan atau mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, perlu diingat bahwa jangan sampai Anda sembarangan membuat keputusan. Sebab, ingatlah bahwa sama seperti ketika Anda sedang hamil, kondisi tubuh Anda pasca melahirkan pun akan mempengaruhi kondisi buah hati, terlebih jika Anda menyusui si kecil. Jadi, selalu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter perihal program diet apa yang tepat dan kapan waktu yang pas untuk melakukannya agar tubuh Anda kembali seperti semula.

Cara Langsing Pasca Melahirkan


Masing-Masing Orang Butuh Waktu yang Berbeda

Setelah melahirkan, berat badan dan ukuran perut seorang ibu telah berkurang sebanyak kira-kira 5,4 kg. Dan jumlah itu adalah gabungan dari plasenta, berat badan bayi, serta air ketuban dan darah yang keluar. Selain itu, masih ada cairan tubuh yang terbuang lewat keringat dan urin yang jumlahnya umumnya berkisar antara 1,8 sampai 2,7 liter.

Lantas, apakah itu artinya punya perut kembali langsing pasca melahirkan adalah hal yang mudah? Jawabannya bervariasi, karena masing-masing orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk mengembalikan ukuran dan bentuk tubuh seperti semula. Ada yang mengalaminya hanya dalam beberapa minggu, ada yang butuh waktu berbulan-bulan, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun.

Perut mengecil pasca persalinan pun dipengaruhi beberapa faktor, seperti gen, ukuran dan bentuk tubuh sebelum kehamilan, jumlah tambahan berat badan selama mengandung, dan seberapa sering Anda berolahraga atau bergerak. Umumnya, penurunan berat badan pasca melahirkan terjadi lebih mudah jika Anda menyusui, tambahan berat badan selama kehamilan kurang dari 13,6 kg, dan teratur berolahraga selama kehamilan. Selamat mancoba dan semoga cepat berhasil.


EmoticonEmoticon