Saturday 17 November 2018

Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Generasi Milenial

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berita kesehatan hari ini akan mengulas tips ringkas menjaga kesehatan mata. Kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting dijaga, termasuk kesehatan mata. Kesehatan mata menjadi masalah yang dihadapi oleh generasi milenial. Untuk itulah, sudah sepatutnya Anda mewaspadai beberapa gangguan kesehatan yang saat ini sering dialami generasi milenial. Berikut ada beberapa tips menjaga kesehatan mata bagi generasi milenial.

Mengonsumsi Makanan Yang Sehat Untuk Organ Mata

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan mata ialah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Terdapat banyak sekali makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Meskipun begitu, Anda harus tetap memperhatikan makanan yang hendak dimakan guna menjaga kesehatan organ mata secara maksimal.

Untuk menjaga kesehatan mata ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mempunyai sumber asam lemak, vitamin A, vitamin E, vitamin C, seng, karotenoid serta omega 3 yang tinggi.Perlu Anda ketahui, kandungan karotenoid menjadi satu keluarga dengan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Silahkan baca juga: Memilih makanan dengan gizi seimbang

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata dengan baik maka sebaiknya memenuhi asupan gizi dari beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan organ mata seperti wortel, jeruk, kacang-kacangan, bayam, sawi, lobak hijau, brokoli, ikan salmon, sarden, tuna, telur serta makanan lainnya. Berbagai jenis makanan tersebut sangat baik dikonsumsi karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral untuk melindungi kesehatan mata dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menggunakan Kacamata Saat Beraktivitas Di Luar Ruangan

Pada dasarnya, bukan hanya kulit yang harus dijaga saat melakukan aktivitas di luar rumah. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan kondisi mata saat berada di ruangan terbuka. Mata menjadi salah satu organ tubuh yang cukup sering mengalami permasalahan jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Untuk itu, saat berada di ruangan terbuka dan cuaca yang sangat terik ada baiknya Anda menggunakan kacamata hitam guna melindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung.

Kacamata Saat Beraktivitas


Perlu Anda ketahui, jika mata sering terkena radiasi sinar matahari secara berlebihan maka dapat menyebabkan mata mengalami katarak, jaringan di lapisan mata mengalami penebalan, iritasi serta permasalahan mata lainnya. Selain itu, bagi yang sering melakukan aktivitas di depan monitor maka sebaiknya Anda juga menggunakan kacamata anti radiasi. Hal ini berguna agar mata tidak mudah mengalami gangguan seperti rabun dekat ataupun lainnya.

Mata rabun memang menjadi masalah utama yang sering dihadapi oleh generasi milenial saat ini. Hal ini dikarenakan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh generasi milenial pasti berkaitan erat dengan teknologi. Perkembangan teknologi saat ini memang mengharuskan para generasi milenial sering berhadapan dengan gadget, laptop, komputer ataupun lainnya.

Menghindari Rokok

Rokok memang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan jantung dan paru-paru. Namun, tahukah Anda? jika ternyata mengkonsumsi rokok juga bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi penglihatan mata Anda. Pada dasarnya, perokok aktif mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengalami katarak, degenerasi makula, uveitis dan bahkan dampak yang paling parah mengalami kebutaan.

Maka dari itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan mata sejak dini, sebaiknya berhentilah merokok. Selain itu, bagi Anda yang tidak merokok juga harus menghindari asap rokok. Karena perokok pasif akan memiliki risiko yang sama dengan perokok aktif saat menghirup asap rokok.

Melakukan Cek Ke Dokter Mata

Untuk menjaga kesehatan dengan baik memang dianjurkan agar Anda selalu rutin mengecek kondisi mata ke dokter. Terutama bagi generasi milenial yang sudah memasuki usia 20 tahun keatas. Biasanya saat Anda melakukan pengecekan mata ke dokter maka Anda akan diharuskan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa seberapa baik kondisi penglihatan Anda. Dengan melakukan pengecekan mata ini maka Anda bisa mengetahui masalah yang terjadi pada mata.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata bagi generasi milenial yang wajib diketahui. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menjadi daftar bacaan tambahan bagi para generasi milenial yang sedang mencari berita kesehatan hari ini mengenai cara menjaga kesehatan mata yang baik.


EmoticonEmoticon