Tuesday 13 November 2018

Beragam Cara Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Pada Anak

Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Pada Anak

Kesadaran mengenai adanya masalah kesulitan belajar pada anak cenderung masih rendah di masyarakat. Rendahnya kesadaran masyarakat inilah yang membuat perlu adanya edukasi lebih lanjut mengenai masalah ini hingga cara mengatasi kesulitan belajar pada anak. Berikut ini beberapa ulasan mengenai kesulitan belajar dan beberapa cara untuk mengatasi masalah kesulitan belajar pada anak, diantaranya adalah :

Apa sebenarnya kesulitan belajar itu?


Kesulitan belajar (learning disability) merupakan suatu kondisi yang seringkali terjadi dalam proses belajar seorang anak. Kesulitan belajar pada anak ini seringkali disalah artikan dengan rendahnya intelegensi seorang anak dan berujung dengan label “bodoh” yang melekat pada diri anak. Padahal, sebenarnya tidak ada anak yang terlahir bodoh. Hanya saja, setiap anak memiliki keunikan masing - masing yang menyebabkan kemampuan dan kecerdasan setiap anak berbeda satu dengan yang lain.

Mengatasi kesulitan belajar pada anak ini cukup beragam. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan pelajaran dengan cara berbeda yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki setiap anak. Bila orang tua telah mengetahui gaya belajar anak, tentu akan lebih mudah mengarahkan anak untuk belajar sehingga masalah kesulitan belajar pada anak dapat berkurang.

Perbedaan tipe gaya belajar pada anak


Ada beberapa tipe gaya belajar pada anak yang dapat menjadi acuan cara belajar yang efektif untuk anak, sehingga dapat menjadi acuan dasar untuk mencari cara mengatasi kesulitan belajar pada anak. Tipe gaya belajar tersebut antara lain :

• Tipe visual

Anak yang memiliki gaya belajar tipe visual belajar dengan cara melihat. Untuk dapat memahami suatu pelajaran, anak dengan tipe belajar visual harus memiliki gambaran jelas di dalam otaknya.

• Tipe auditori

Berbeda dengan tipe visual, anak dengan gaya belajar tipe auditori ini belajar dengan cara mendengarkan. Dibandingkan dengan melihat dan memvisualkan pelajaran di otaknya, anak tipe auditori lebih menyerap pelajaran yang menyangkut analisa bunyi dan angka dan mengikuti segala petunjuk dan arahan dengan keteraturan.

• Tipe taktil - kinestetis

Anak dengan tipe belajar taktil - kinestetis belajar dengan cara menyentuh dan bergerak. Umumnya mereka lebih menyukai pembelajaran dengan contoh konkret dan mempelajari berbagai pelajaran yang dapat mereka rasakan melalui sentuhan dan dapat mereka jangkau. Metode praktikum dapat menjadi suatu metode pembelajaran yang efektif bagi anak dengan tipe belajar jenis ini.

Masalah Kesulitan Belajar Pada Anak

Baca Juga: Cara mengatasi bayi yang sering cegukan

Beberapa cara yang dapat dilakukan Anda sebagai orangtua untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak, diantaranya adalah :

Mengkomunikasikan dengan guru kelas

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan guru pengajar anak di kelas, Anda sebagai orangtua dapat mengetahui masalah kesulitan belajar yang mungkin dialami anak. Bila orangtua mengetahui kecenderungan gaya belajar yang dimiliki anak, dapat pula dikomunikasikan kepada guru sebagai masukan untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak saat berkegiatan belajar di sekolah.

Mengulang materi pelajaran yang diberikan di sekolah

Salah satu cara mengatasi masalah kesulitan belajar yang dialami oleh anak adalah dengan mengulang materi pelajaran yang telah diberikan di sekolah. Setiap anak memiliki daya serap terhadap suatu materi yang berbeda, ada beberapa anak yang memerlukan belajar beberapa kali sebelum menguasai materinya, ada pula anak yang dapat dengan cepat menyerap materi atau informasi. Hal ini yang perlu diketahui oleh orangtua dan ditindaklanjuti agar anak tidak mengalami kesulitan belajar.

Mendampingi anak saat belajar

Cara lain untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak adalah mendampingi anak saat belajar. Dengan melakukan pendampingan, orangtua dapat sekaligus mengetahui apakah metode belajar yang dilakukan di rumah sudah cukup efektif untuk anak. Selain itu, pada beberapa anak dengan gaya belajar tipe auditori, memerlukan seseorang untuk membacakan materi agar proses belajarnya lebih efektif dan anak tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajarannya.

Memberikan motivasi pada anak

Meskipun kemajuan kemampuan pada anak cenderung lebih lambat dari teman - teman sebayanya, penting bagi orangtua untuk selalu memberikan apresiasi kepada anak terkait kemajuan dalam proses belajarnya. Orangtua harus memberikan motivasi yang positif kepada anak dan meyakinkan bahwa anak dapat menyelesaikan tugas sekolahnya dengan baik.

Tidak membandingkan anak dengan saudara atau anak yang lain

Hal penting yang harus Anda perhatikan sebagai orangtua adalah menghindari untuk membanding - bandingkan anak Anda dengan saudara atau teman sebayanya yang lain. Hal ini karena setiap anak memang memiliki kemampuan masing - masing yang tidak bisa dibanding - bandingkan. Dengan membandingkan atau melakukan perbandingan, justru dapat membuat anak menjadi minder dan tidak percaya diri. Bila anak sampai mengalami minder, dapat mempengaruhi pula pada kemauan belajarnya. Jadi untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak, selain mengarahkan untuk belajar berdasarkan metode yang sesuai dengan gaya belajarnya, orang tua perlu untuk menghargai setiap perkembangan anak dengan tidak membanding - bandingkan kemampuan yang dimiliki anak.

Silahkan baca juga: Penyebab dan cara mengatasi penyakit difteri pada anak

Menjadi orangtua yang peka terhadap kondisi anak

Sebagai orangtua, Anda perlu memiliki kepekaan terhadap kondisi anak. Bila anak memiliki kelemahan di bidang tertentu, sebaiknya Anda tidak menuntut berlebihan dan memiliki harapan yang terlalu tinggi pada anak yang dapat menyebabkan anak menjadi tertekan dan dapat menimbulkan dampak lebih buruk pada anak.

Bila Anda memiliki masalah dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak, tidak ada salahnya bila Anda menerapkan beberapa tips di atas sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah belajar pada anak Anda.


EmoticonEmoticon