Thursday 27 September 2018

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Terhadap Masalah Jerawat


Jerawat merupakan permasalahan kulit yang berkaitan dengan kelebihan produksi minyak (sebum). Itu terjadi karena penyumbatan pori-pori kulit sehingga menyebabkan peradangan atau inflamasi. Biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil diatas kulit yang terkadang berisi nanah. Lalu apa yang menjadi penyebab, gejala dan pengobatan jerawat ini sebenarnya?

Penyebab Timbulnya Jerawat

Ada banyak faktor yang memicu pertumbuhan jerawat. Namun secara garis besar pertumbuhannya dipicu oleh keadaan sebagai berikut:

1. Kelebihan Produksi Minyak
Kelebihan produksi minyak ini dipicu oleh peningkatan jumlah hormon testosteron yang dimiliki oleh pria maupun wanita sehingga memicu timbulnya jerawat.

2. Perubahan Siklus Hormon
Masing-masing orang mempunyai masa pergantian siklus hormon yang berbeda, terutama bagi mereka yang memasuki masa puber. Keadaan tersebut memicu produksi minyak yang berlebih di wajah sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Faktor Genetik
Masalah lain yang menyebabkan timbulnya jerawat ialah gen atau faktor keturunan. Artinya, jika orang tua Anda mengalami permasalahan ini maka Anda pun akan mengalaminya juga.

4. Bakteri
Bila tangan Anda sering menyentuh wajah, namun Anda tidak mengetahui jika ternyata tangan Kita ini merupakan sarang bakteri sehingga ketika wajah sedang mengalami masalah kelebihan minyak dan sering Anda sentuh menggunakan tangan maka akan timbul jerawat diarea yang dihinggapi bakteri yang berasal dari tangan tadi.

5. Stress
Tekanan yang terjadi pada hidup seseorang akan mempengaruhi pada gaya hidup dan pola makannya sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.

6. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Tepat
Itulah beberapa hal yang biasanya menyebabkan timbulnya permasalahan kulit ini. Kini Anda mengetahui sedikit mengenai penyebab, gejala dan pengobatan jerawat ini.

Gejala Timbulnya Jerawat

Secara umum diketahui bahwa munculnya permasalahan kulit ini ditandai dengan timbulnya benjolan kecil diatas kulit yang biasanya didalamnya terdapat nanah. Benjolan yang mengalami peradangan tersebut biasanya berwarna kemerah-merahan yang kadang kuning karena didalamnya berisi nanah.
Selain itu biasanya ada gejala lain yaitu terasa sedikit panas pada area yang akan ditimbuli jerawat dan kadang disertai rasa gatal. Yang khas dari timbulnya masalah kuit yang satu ini adalah komedo (sumbatan dari sebun).

Pengobatan Jerawat Yang Benar

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk membantu menyelesaikan permasalahan kulit ini adalah dengan cara mengobatinya sesuai dengan tingkat keparannya, yaitu:
  • Mengurangi produksi minyak berlebih
  • Melawan bakteri yang menginfeksi
  • Mempercepat penggantian sel kulit dengan mengurangi peradangan yang terjadi
  • Menggunakan sulfur, salisilat, dan resorcinol untuk mengobati masalah tersebut
  • Menggunakan antibiotik
Baca: Penyebab, gejala dan pencegahan kanker

Ada satu lagi yaitu menggunakan isotretinoin yang dalam menggunakannya harus dalam pengawasan dokter. Karena penggunaanya dapat menyebabkan efek samping jika tidak sesuai anjuran yang diberikan dokter. Selain itu ada tindakan lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kemunculan dan timbulnya permasalahan kulit wajah ini, dengan cara:

Menjaga kebersihan wajah
  • Menghindari pembersihan dengan cara menggosok wajah menggunakan bahan yang kasar
  • Menggunakan pelembab dan kosmetik dengan kandungan non-comedonic yang mampu mencegah timbulnya masalah kulit ini dan menutup pori-pori kuit.
  • Membersihkan peralatan makeup secara teratur
  • Rajin membersihkan diri setelah beraktivitas
  • Jangan memencet dan memegang benjolan yang timbul karena tangan Anda adalah sarang kuman yang akan memperparah kondisi benjolan tersebut.
Itulah tadi penyebab, gejala, dan pengobatan jerawat yang benar agar bukan hanya mengatasi permasalahan jerawat yang Anda alami namun tetap menjaga kelembaban kulit wajah Anda.


EmoticonEmoticon