Friday 21 September 2018

Cara Mencegah Gangguan Pencernaan Agar Tidak Sering Kambuh

Gangguan pencernaan, apakah anda pernah mengalaminya? Jika pernah, maka anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya. Di bawah ini akan dipaparkan ulasan selengkapnya untuk anda.

Cara Mencegah Gangguan Pencernaan Agar Tidak Sering Kambuh

Minum jus lidah buaya
Ternyata lidah buaya bukan hanya bermanfaat untuk membuat kulit menjadi mulus saja, tetapi juga sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan. Mengkonsumsi jus lidah buaya sangat baik untuk meredakan mulas serta GERD dengan cara mengurangi peradangan pada perut anda. Namun, untuk anda yang hendak mengkonsumsi jus lidah buaya, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, guna mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menggunakan baking soda
Baking soda juga bisa anda gunakan untuk mencegah gangguan pencernaan. Baking soda merupakan bubuk alkana yang berkhasiat membantu ferluksanda, dengan begitu dapat meredakan gejala mulas. Namun, sebaiknya anda tidak terlalu banyak menggunakannya. Karena baking soda sendiri tidak aman digunakan dalam dosis yang tinggi.

Jangan berbaring setelah makan
Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat beberapa perubahan terhadap kebiasaan anda sehari-hari. Setelah makan, anda jangan langsung berbaring. Sebaiknya, biarkan gravitasi melakukan pekerjaannya. Ketika anda mulas di malam hari, cobalah untuk meletakkan bantal yang digunakn untuk mengangkat leher anda. Jika hal ini tidak berhasil, maka angkatlah tubuh bagian atas untuk mencegah terjadinya mulas.

Perbanyak mengkonsumsi serat setiap hari
Dalam mencegah gangguan pencernaan, maka salah satu hal yang penting untuk anda lakukan adalah memenuhi asupan serat dengan baik. Asupan serat tersebut mulai dari sereal wholegrain, kacang-kacangan, buah, hingga sayuran. Jangan lupa untuk selalu membatasi makanan cepat saji, makanan yang kaya akan lemak, hingga daging merah.

Bukan hanya itu saja, anda juga harus membatasi untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas, seperti kedelai, brokoli, bunga kol, kol, hingga minuman-minuman yang berkarbonasi. Alangkah baiknya jika anda banyak mengkonsumsi air putih. Air sendiri berfungsi untuk membasahi makanan yang ada di dalam saluran pencernaan, dapat memecah mineral, nutrisi dan vitamin, dengan begitu akan mempermudah proses penyerapan serta menjaga kecukupan air supaya dapat terhindar dari masalah konstipasi.

Mengunyah permen karet
Ketika anda mengunyah permen karet, maka akan membuat tubuh memproduksi air liur yang lebih banyak. Beberapa permen karet mempunyai xylitol yang berkhasiat untuk mencegah gigi berlubang. Rasa mint yang ada di permen karet juga dapat mengurangi bau napas. Alangkah baiknya jika anda mengunyah permen karet setelah makan.

Melakukan olahraga secara teratur
Tentunya jenis olahraga sendiri adalah bagian dari gaya hidup sehat yang harus anda lakukan. karena dengan melakukan olahraga, ternyata dapat mencegah masalah pencernaan yang anda alami. Penelitian ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal ClinicalGastroenterologyandaHepatology, memaparkan bahwa aktivitas fisik dapat megurangi banyak gangguan pencernaan. Studi yang dilakukan ini, telah menemukan bahwa terdapat hubungan antara kurang olahraga, obesitas, diare, rasa sakit di perut, hingga berbagai gejala gangguan usus. Selain itu, stres juga dapat berpengaruh buruk terhadap sistem pencernaan. Akibatnya, perut anda akan merasa kembung, bahkan dapat memicu terjadinya konstipasi.

Membuat teh jahe
Jahe merupakan obat alami yang umum digunakan untuk mengobati mual, hingga gangguan pencernaan. Dengan mengkonsumsi minuman jahe, maka dapat merangsang produksi air liur. Bahkan, penelitian telah memperlihatkan jika jahe bisa mengurangi pembengkakan, menurunkan gula darah, dan kolesterol. Untuk itu, anda bisa membuat teh jahe untuk mengatasi gangguan perncernaan


EmoticonEmoticon