Tuesday 23 October 2018

Berbagai Jenis Penyakit Kulit dan Obatnya

Jenis Penyakit Kulit dan Obatnya

Kulit merupakan salah satu organ manusia yang sangat penting perannya, salah satunya adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai bahaya dari luar. Ada kalanya organ ini mengalami penyakit dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Ada berbagai jenis penyakit kulit dan obatnya yang perlu diketahui agar pada saat terjangkit dapat segera ditangani dengan baik.

1. Bisul

Bisul ini merupakan penyakit kulit yang biasanya menyerang daerah wajah, leher, bahu dan juga pantat. Gangguan dari bisul ini ditandai dengan munculnya benjolan dengan warna merah yang didalamnya terdapat nanah. Benjolan ini akan terasa sakit, kemunculan bisul biasanya disebabkan oleh bakteri dan memicu adanya inflamasi di folikel rambut. Penyebab lainnya adalah pola kesehatan penderita yang tidak baik serta juga bisa dikarenakan faktor buruknya kondisi lingkungan.

Cara mengobati bisul ada secara medis maupun alami, salah satunya adalah dengan mengompres di bagian yang terkena bisul.Tujuan dari pengompresan ini adalah agar bisa mengurangi rasa sakit serta mengeluarkan nanahnya.

2. Kurap

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya jamur pada kulit. Gejala yang dirasakan pada saat seseorang terkena kurap adalah timbul ruam dengan warna merah serta bentuknya menyerupai lingkaran. Rasa gatal adalah dampak dari timbulnya karena kurap, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengobatinya adalah dengan salep anti jamur.

3. Kudis

Jenis penyakit kulit dan obatnya yang perlu di pelajari adalah kudis, dimana penderitanya akan merasa terganggu. Hal ini disebabkan terdapat hewan bernama tungau yang menggali lubang pada kulit manusia. Ada berbagai macam obat yang bias digunakan untuk mengatasi masalah kudis ini antara lain permethrin, lindane,dan juga crotamiton.

4. Jerawat

Masalah Jerawat merupakan gangguan yang muncul karena penimbunan folikel yang tersumbat serta adanya sebum. Jerawat memang bukan suatu penyakit yang parah namun termasuk mengganggu karena biasanya muncul pada area wajah dan menimbulkan bekas hitam. Ada berbagai macam cara alami yang bias digunakan untuk mengobati jerawat antara lain adalah menggunaka mentimun ataupun tomat sebagai masker.

5. Herpes

Penyakit herpes ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi di bagian kulit. Gejala yang timbul antara lain adalah munculnya ruam merah dengan berisi gelembung-gelembung berisi air dan berkelompok. Penularan dari penyakit ini bisa dikarenakan hubungan intim dengan penderita herpes, udara yang kotor, kulit yang terluka ataupun cacar. Cara mengobati penyakit yang membuat kulit terasa panas serta gatal ini bisa menggunakan bawang putih, kunyit, daun dewa dan masih banyak lagi lainnya.

6. Campak

Penyakit ini berbahaya jika tidak segera ditangani dengan baik karena bias sampai menyebabkan kematian pada penderitanya. Penderita campak sebaiknya meminum banyak air putih agar tidak terjadi dehidrasi serta menghindari sinar matahari dan memperbanyak istirahat. Bagi orang yang terkena penyakit kulit campak ini harus segera menghubungi dokter agar bias segera ditangani dengan baik.

7. Lepra

Penyakit kulit yang satu ini tergolong parah di banding lainnya. Karena microbacterium leprae, seseorang akan mengalami kulit seperti melepuh dan rasa sakit luar biasa. Obatnya adalah dapson, rifampin dan klofazimin. Segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

8. Cacar Air

Penyakit kulit ini disebabkan oleh varicella zoster yang biasanya menyerang pada anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun. Penderita cacar air biasanya akan pilek, demam, lemah serta lesu. Pengobatan secara alami bias menggunakan jus buah mengkudu.Campuran temulawak dan kencur juga bias dipakai untuk menghilangkan cacar air ini, obat alami lainnya adalah menggunakan asam jawa. Konsumsi obat tradisonal ini bisa diminum antara 2 hingga 3 kali dalam sehari.

9. Panu

Panu merupakan penyakit kulit berupa gradasi kulit yang berbeda jauh, yakni putih. Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini akan membuat penderita terganggu kepercayaan dirinya. Ada berbgai obat alami yang bias digunakan untuk penyaki tini antara lain adalah bawang putih, lengkuas, ataupun jeruk nipis.

10. Kutil

Penyakit ini disebabkan karena oleh virus dan membuat kulit menjadi tebal dibagian tertentu serta bentuknya bundar dan keras. Kondis iini menyebabkan penderitanya kadang menggaruk-garuk dengan sendirinya secara tanpa sadar. Ada berbagai obat yang bias digunakan antara lain adalah kapur sirih dan juga kulit pisang.

Itulah jenis penyakit kulit dan obatnya yang penting untuk diketahui, semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca.


EmoticonEmoticon